Peringati 1 Muharam 1446 H, Ratusan Warga di Girijaya Antusias Pawai Obor

 

DHI Sukabumi - Dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H yang jatuh pada Sabtu 06 Juli 2024 Ratusan Warga Desa Girijaya gelar pawai obor sepanjang Jalan Padepokan Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Terlihat antusias ratusan warga dari masing - masing perwakilan ke dusunan melakukan Longmarch membawa obor memeriahkan datangnya bulan hijriah atau bulan Asyuro.

"Kegiatan pawai obor ini memang rutin dilaksanakan warga setiap tahun sebagai bentuk memeriahkan Tahun Baru Islam (1 Muharam)," ungkap salah satu Tokoh Masyarakat Kampung Depok RT 07/03, Ust Abdul Kholid l, dilokasi. Sabtu (06/07).

Sementara, Kepala Desa Girijaya, Dindin Saripudin, menambahkan bahwa, dalam memeriahkan bulan Muharam tersebut selain kegiatan pawai obor juga terdapat tradisi khusus yang biasa digelar di Desa Girijaya.

"Alhamdulilah warga kami sangat kompak dalam menyambut datangnya Tahun Baru Islam. Selain pawai obor juga di desa kami terdapat Adat budaya peringatan seren taun atau nampa tahun yang biasa digelar pada bulan muharam di Wilayah Kasepuhan Girijaya," tambahnya.

Dengan demikian, kades berharap segala bentuk persiapan menjelang seren taun yang akan digelar pada 21 -22 juli nanti diberikan kemudahan dan kelancaran serta mudah mudahan warga Desa Girijaya dapat senantiasa menjaga kekompakan serta diberikan kesehatan dan kesejahteraan.

"Semoga di Awal Bulan Muharam ini kita semua diberikan kesehatan dan mudah mudahan segala persiapan acara seren taun diberikan kelancaran hingga acara tersebut dapat terlaksana dengan baik," pungkasnya mengakhiri.

Reporter : Ismail/Doplang

Redaktur : M Fa'is

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال